10 Khasiat Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan

Feb 6 2015 - 12:51am admin indonews3

10 Khasiat Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan – Mendengar namanya saja mungkin banyak orang beranggapan bahwa khasiat dari pohon ini adalah mengademkan ati, atau menenangkan hati. Namun jika difikir secara logika memang benar, jika sakit yang kita rasakan sudah sembuh maka hati kita akan tenang.

Tanaman Adem Ati sejatinya memiliki nama latin  Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins. Tanaman yang satu ini juga memiliki berbagai nama sesuai daerah dimasing-masing suku dan wilyaha, seperti orang sunda yang menyebut tanaman adem ati sebagai Huru batu, huru tangkalak,dan madang kapas. Sedangkan bagi masyarakat di jawa lebih mengenal tanaman adem ati sebagai tanaman nyampu wingka, wuru beling.

Khasiat Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan

Tanaman Adem Ati

Namun dibalik itu semua, tanaman adem ati menyimpan berbagai khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan menurut penelitian yang baru-baru ini dilakukan, tak hanya daunnya saja yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan melainkan kulit kayu dan akarnyapun juga dapat dimanfaatkan.

Tanaman Adem Ati memang sejak dahulu terkenal akan khasiatnya, tanaman ini juga sudah digunakan sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Kandungan zat seperti Alkaloid (golongan fenantrena dan aporfina), flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak atsiri dengan sifat seperti Manis, pahit, dan mendinginkan yang diduga merupakan sumber khasiat utama dari tanaman adem ati ini. Berikut beberapa Khasiat dan Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan:

Manfaat Tanaman Ade Ati Bagi Kesehatan

Manfaat Akar Tanaman Adem Ati

  • Mencret,
  • Kencing manis,
  • Radang usus,
  • Radang kulit bernanah (obat luar),

Manfaat Kulit kayu dan Daun (obat luar)

  • Bisul,
  • Luka berdarah,
  • Obat penenang,
  • Radang kulit bernanah,
  • Radang payudara.

Kencing Manis

Untuk meredakan kencing manis, siapkan akar adem ati sebanyak 5 gram, daun salam segar sebanyak 4 lembar , dan air 250 ml, lalu rebus hingga tersisa airnya menjadi 200 ml. Setelah dingin saring dan miminum 2 kali sehari, pagi dan sore, setiap minum 100 ml.

Mencret, Radang Usus

Akar adem ati 6 gram, kunyit segar 6 gram, air 110 ml, lalu rebus hingga airnya tersisa menjadi 100 ml. Miminum ramuan ini 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 3 hari untuk mengatasi (Mencret), sedangkan untuk mengatasi (Radang usus) lakukan selama 15 hari. Bila tidak menunjukkan ciri gejala penyembuhan, dianjurkan untuk menghubungi dokter.

Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka, dan Bisul

Kulit kayu atau daun segar adem ati secukupnya, daun sambilata secukupnya, dan air secukupnya, lalu dipipis hingga berbentuk pasta.Balurkan pasta pada bagian kulit yang sakit hingga merata, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya bagian yang sakit dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu untuk medapatkan hasil yang sempurna. Perbaharui pasta setiap 3 jam sekali secara berturut – turut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tanaman Adem Ati termasuk tanaman obat serbaguna. Hal ini dikarenakan hampir setiap bagiannya dapat dimanfaatkan. Pada umumnya yang digunakan sebagai ramuan adalah akar, daun,dan kulit pada batangnya.

Demikian Ulasan Tentang 10 Khasiat Manfaat Tanaman Adem Ati Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga