Macam Macam Hardware Komputer dan Fungsinya

Sep 26 2016 - 3:59pm Indonews Coid

Macam Macam Hardware Komputer dan Fungsinya

 

Bahwasannya komputer memang menjadi salah satu perangkat yang penting guna mendukung suatu kinerja. Entah nanti komputer itu ditujukan untuk kebutuhan pokok dari suatu instansi ataupun secara pribadi. Komponen ini pun tak akan lengkap tanpa ada perangkat yang disebut dengan hardware.

Yang mana hardware komputer merupakan salah satu perangkat keras yang dibutuhkan oleh komputer guna menjadikan kinerjanya lebih lancar nan mendukung. Bahkan penggunaan perangkat ini pun ada yang bersifat penting hingga yang sebagai pelengkap semata.

keyboard-logitech

Terdapat beragam jenis perangkat hardware yang nantinya difungsikan untuk mendukung kinerja dari komputer itu. Perangkat itu pun beragam mulai dari hardware input, hardware processing dan hardware output. Perangkat tersebut merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah komputer dan telah memiliki fungsi masing-masing. Sekalipun tiap-tiap hardware itu nantinya berfungsi sebagai pendukung saja dan tak selalu berfungsi sebagai komponen utama.

 

Dari perangkat keras atau hardware komputer ada beragam macamnya. Serta macam pilihan tersebut akan bekerja sedemikian rupa. Seperti halnya dengan beberapa hardware dan kinerjanya berikut ini:

 

  • Mouse ialah sebuah hardware yang melengkapi keyboard teruntuk menggerakkan kursor kian kemari pada layar monitor.
  • Keyboard merupakan hardware yang berfungsi teruntuk menuliskan bentuk-bentuk angka, huruf dan lainnya. Merk keyboard yang sedang populer untuk saat ini adalah keyboard logitech
  • Scanner adalah hardware yang bekerja untuk mengolah ataupun menginput data analog yang akan dipindai di komputer.
  • Mainboard ialah sebuah perangkat penghubung yang akan menghubungkan tiap-tiap prosesor hingga ke DVD-RAM.
  • Processor adalah perangkat yang tugasnya memproses tiap-tiap data yang berbentuk apapun itu.
  • RAM adalah perangkat yang menyimpan semua data secara sementara saja selama komputer yang masih on.
  • HDD ialah sebuah perangkat penyimpan data yang space sangatlah lebih besar.
  • VGA card adalah hardware yang bekerja untuk memproses data grafis, seperti untuk menyimpan game yang grafisnya cukup tinggi.
  • Power supply sebuah hardware yang menyambungkan ataupun menghubungkan listrik dari dalam komputer saat dimana PC komputer sedang tak menyala.

 

Beberapa tersebut merupakan salah satu bagian yang disebut dengan perangkat keras sebuah komputer. Hardware tersebut pada nantinya akan difungsikan sedemikian rupa guna melengkapi sekaligus mendukung kinerja serta operasional sebuah komputer.  Teruntuk itu, Anda pun pasti memiliki beberapa perangkat keras tersebut sebagai penunjang pengoperasian komputer yang bersangkutan. Hingga nantinya hardware itu nantinya dapat difungsikan secara optimal serta dilengkapi dengan perawatan yang mendukung.

Sebagai salah satu pengguna komputer tentunya Anda wajib tahu akan macam-macam hardware komputer beserta fungsinya. Dari beragam komputer tersebut akan memberikan kinerja yang sangat mendukung kelancaran operasionalnya. Agar tidak mudah rusak, lengkapilah perawatan yang ditujukan untuk perangkat itu. Seperti contohnya dengan menjaga dan menggunakan hardware sebaik mungkin. Dengan begitu Anda pun telah merawat komputer beserta perangkat yang dimilikinya itu.

Baca Juga