101 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Feb 21 2015 - 2:36am admin indonews3

101 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Bagi kebanyakan ibu rumah tangga, nama bawang putih mungkin sudah tak asing lagi ditelinga mereka. Ya Bawang putih merupakan salah satu dari sekian banyak rempah-rempah sebagai tambahan untuk lebih memberikan rasa tersendiri. Namun tau kah anda jika bawang putih ini memiliki sisi khasiat lain bagi kesehatan kita? mari kita kupas secara lengkap.

Bawang putih atau yang dalam bahasa latinnya disebut “Allium sativum” merupakan tanaman sejenis umbi yang mana umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang putih pada umumnya digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia.

Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang Putih

Namun tak hanya sebagai bumbu dasar atau penguat rasa saja, bawang putih terbukti memeliki khasiat tersendiri dan dipercaya mampu mengatasi beberapa macam jenis penyakit yang salah satunya adalah digunakan sebagai obat penyakit kutil. Lalu apa saja sebenarnya kandungan dari bawang putih ini?

Berdasarkan beberapa laporan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, Bawang putih terbukti memiliki banyak sekali nilai gizinya dibanding dengan jenis bawang yang lain, oleh karena itu kita diharuskan mengkonsumsi bawang putih, agar bisa merasakan manfaat dari bawang putih tersebut. Beberapa kandungan gizi yang ada di bawang putih diantaranya Vitamin C, Mineral P, Ca, dan K, serta Fe dan Vitamin B.

Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan

SEBAGAI OBAT RADANG LAMBUNG AKUT

CARANYA: kupas kulit 6 gram bawang putih tambahkan garam secukupnya kemudian ditumbuk. Kemudian tambahkan air hangat yang matang dan sajikan 1-2 kali sehari kepada penderita. Lakukan selama beberapa hari.

UNTUK PENGOBATAN IMPOTENSI

CARANYA: 10 grma bawang putih + 10 gram adas + 25 gram pulosari + 20 gram merica + 5 gram kunyit + 10 gram madu + 2 butir telur ayam kampung. Bahan adas, pulosari, merica dan bawang putih ditumbuk halus jadi satu dan bubuhi air panas secukupnya. Setelah agak dingin campurkan madu dan kuning telur ayam tadi lalu aduk hingga rata. Ramuan ini diminum menjelang tidur malam atau pada pagi hari dua kali dalam seminggu selama sebulan.

UNTUK MENINGKATKAN STAMINA

CARANYA: Makan 1 siung bawang putih bersama daun seledri. Lakukan sehari dua kali ( pagi dan sore hari ).

SEBAGAI OBAT SAKIT GIGI

CARANYA: Umbi bawang putih secukupnya dihancurkan terlebih dahulu lalu sisipkan kedalam gigi yang sakit kemudian angkat setelah 15 menit. Bila terasa panas membakar jangan diulangi ramuan ini.

PENGOBATAN ISTRI MANDUL

CARANYA: 2 siung bawang putih + 10 gram umbi bangle + 5 gram jungrahap + 5 gram kencur + 5 gram manis jangan. Semua bahana dicampur ditumbuk halus, kemudian diberi air panas lalu diperas dan disaring hingga airnya tersisa1 gelas. Ramuan ini diminum pagi hari dan lakukan dua hari sekali.

UNTUK MEMPERTAHANKAN KEBUGARAN TUBUH

CARANYA: Haluskan bawang putih secukupnya + wortel secukupnya + daun seledri + merica bubuk + garam secukupnya. Blender semua bahan sebagai jus. Minum jus tersebut dua kali dalam satu minggu dan lakukan secara teratur.

UNTUK OBAT PENYAKIT BORNCHITIS

CARANYA: 1 Siung bawanng putih + 15 gram jahe + 3 buah mengkudu / pace matang dipotong-potong. Semua bahan lalu diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk sampai rata dan kemmudian diminum (LAKUKAN SECARA TERATUR).

PENGOBATAN INFLUENZA

CARANYA: 2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 2 buah mengkudu / pace yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih kemudian airnya diminum selagi hangat.

Dan Berikut Adalah Manfaat Lain Dari Bawang Putih

1. Bawang Putih Untuk Menurunkan tekanan darah

Hipertensi adalah pemicu utama terjadinya serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi bawang putih mampu menurunkan tekanan darah. Bahkan, ekstrak bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu.

2. Kandungan antioksidan membantu mencegah alzheimer

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah serta sifat antioksidan pada bawang putih dapat mencegah penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

3. Bawang Putih Untuk Mempertahankan stamina

Bawang putih dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas kerja para budak. Hal ini dikonfirmasi dengan sebuah studi  yang menunjukkan bahwa kecapean yang diakibatkan olahraga dapat dikurangi dengan konsumsi bawang putih.

4. Bawang Putih Untuk Membantu detoksifikasi logam berat pada tubuh

Pada dosis yang tinggi, senyawa sulfur dalam bawang putih telah terbukti dalam melindungi kerusakan organ dari toksisitas logam berat.

5. Bawang Putih Untuk Mempertahankan kualitas tulang

Salah satu studi menemukan bahwa bawang putih secara signifikan mampu memperlambat pengurangan estrogen pada perempuan yang telah menopause. Namun, belum ada penelitian yang membahas dampak bawang putih pada tulang laki-laki.

Di Bawah Ini Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan

1. Bawang Putih Untuk Mengobati jerawat

Antibakteri yang terkandung dalam bawang putih membantu membersihkan kulit dan menyebabkan kulit Anda menjadi indah.

Caranya : Potong satu siung bawang putih menjadi setengah bagian dan gosok seluruh kulit yang mengalami jerawat. Gunakan obat ini selama beberapa hari untuk hasil yang signifikan.

2. Bawang Putih Untuk Mencegah keriput

Pernah menggunakan bahan kimia yang mahal berupa krim antipenuaan, gunakan bawang putih untuk menghilangkan keriput. Antioksidan mempengaruhi akan membantu melindungi kulit Anda terhadap radikal bebas yang merusak.

Caranya : Haluskan tiga siung bawang putih, dengan menggunakan jus ini keriput pada kulit Anda akan menghilang dan Anda terlihat awet muda.

3. Bawang Putih Untuk Menghilangkan stretch mark

Di antara sedikit obat untuk stretch mark, bawang putih telah terbukti menjadi salah satu yang berguna.

Caranya : Tambahkan jus bawang putih dengan cengkeh yang dihancurkan ke dalam sedikit minyak panas dan kemudian usapkan pada stretch mark. Ulangi rutin ini selama beberapa minggu untuk melihat perbedaannya.

4. Bawang Putih Untuk Memperbaiki kuku yang rapuh

Selain perawatan kulit, bawang putih juga dapat membantu memperkuat kuku rapuh dan kusam.

Caranya : Hancurkan bawang putih dan haluskan, setelah itu usapkan pada kuku Anda, selama beberapa minggu untuk kuku lebih kuat.

5. Bawang Putih Untuk Menyembuhkan Psorias

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan psoriasis, penyakit kulit di mana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat.

Caranya : Gosokkan sedikit minyak bawang putih atau bawang putih yang sudah dihaluskan pada daerah yang terkena penyakit tersebut untuk mengobatinya.

Demikian Ulasan Tentang 101 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga