1001 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Feb 24 2015 - 1:21am admin indonews2

1001 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh – Brokoli merupakan salah satu sayuran yang terkadang dibenci oleh beberapa anak. Mungkin brokoli ini memiliki rasa yang kurang enak dan jarang terdapat pada sayuran lain. Memang brokoli memiliki rasa dan juga bentuk yang khas, oleh karena itu berbeda dengan yang lainnya. Namun dibalik itu semua, brokoli memiliki sejuta manfaat yang jarang diketahui orang lain.

Manfaat brokoli

Kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli memiliki kandungan yang cukup banyak. Beberapa diantaranya mengandung vitamin C yang cukup banyak, asam folat, serat, dan juga banyak yang lainnya. Nah, maka tak heran jika banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi salah satu sayuran berikut ini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi brokoli ini.

1. Broli Dapat Mencegah Kanker

Jika anda mengetahui penyebab kanker adalah karsinogenik, mungkin anda akan mengonsumsi brokoli setiap hari. Pasalnya, sebuah penelitian menyebutkan bahwa brokoli mengandung dua senyawa fitokemikal yang berfungsi untuk meningkatkan enzim dan dapat menghancurkan karsinogenik. Kesimpulannya adalah, brokoli dapat mencegah beberapa penyakit yang terjadi.

2. Broli Dapat Mengatur Tingkat Gula Darah

Dalam sayuran brokoli terdapat kandungan chromium yang berguna untuk mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Ini akan membantu anda bagi penderita diabetes untuk menormalkan tingkat gula darah agar normal.

3. Broli Dapat Menguatkan Jantung

Brokoli juga mengandung serat dan juga campuran Omega-3, beta karotan, dan juga beberapa vitamin lainnya yang akan berfungsi untuk menurunkan kolestro dan juga mengatur tekanan darah. Tentunya ini akan sangat berguna bagi kinerja jantung anda.

4. Broli Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Diketahui bahwa brokoli mengandung vitamin C yang cukup banyak pada sayurannya. Maka brokoli sangat cocok bagi anda yang sedang menjaga daya tahan tubuh anda tetap fit. Pasalnya vitamin C dan juga antioksidan yang terkandung dalam brokoli sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas.

5. Broli Dapat Memperlancar BAB

Jika anda mengalami sembelit atau susah BAB, anda bisa memanfaatkan brokoli sebagai salah astu alternatif solusinya. Karena brokoli mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah ataupun mengatasi BAB. Brokoli juga sangat bermanfaat untuk membersihkan usus besar dari zat yang tidak berguna dan juga racun.

6. Broli Dapat Bantu Turunkan Berat Badan

Brokoli adalah Sayuran yang tekstur renyah ketika dikunyah ini kaya akan serat, vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak.  Serat juga lama dicerna tubuh sehingga membuat Anda makan lebih sedikit.

Satu cangkir brokoli cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan K per harinya. Dengan semua vitamin serta nutrisi bermanfaat itu, brokoli hanya mengandung 40 kalori sehingga ‘bersahabat’ untuk lingkar pinggang Anda.

7. Brokoli Dapat Bantu Cukupi Kebutuhan Cairan

Mengkonsumsi sayuran ini, berarti ikut membantu mencukupi kebutuhan air di samping konsumsi air putih per harinya. sehingga dapat bantu menjaga kekuatan tulang. Oleh karena itu, maka brokoli dapat jadi pengganti kalsium pada susu.

8. Brokoli Dapat Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium, seng, magnesium dan fosfor, nutrisi tersebut membantu dalam menjaga kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita dewasa yang rentan terhadap osteoporosis dan hamil.

9. Brokoli Dapat Mencegah anemia

Anemia adalah langsung berhubungan dengan kekurangan zat besi. Zat besi dan asam folat yang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.

10. Brokoli Dapat Mempertahankan kehamilan yang sehat

Brokoli merupakan sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Semua wanita membutuhkan sumber rutin folat selama kehamilan.

11. Brokoli Dapat Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung zat ini.

12. Brokoli Dapat Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Brokoli kaya akan serat mengurangi kolesterol, kromium, dan potasium, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

13. Brokoli Dapat Mengurangi risiko penyakit jantung

Karotenoid lutein ditemukan dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.

14. Brokoli Untuk Meningkatkan kecerdasan

Di dalam Brokoli Selain kandungan vitamin C dan vitamin K, brokoli juga terdapat mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bagus untuk perkembangan penambah kecerdasan otak. semua itu adalah media untuk menjaga kesehatan mental serta meningkatkan memori otak.

15. Brokoli Untuk Menjaga kadar gula darah

Apabila kita termasuk golongan orang yang kadar gula darah tinggi, maka brokoli brokoli merupakan solusi yang pas untuk dikonsumsi. Karena brokoli mampu menjaga kadar gula darah kita tetap rendah.

16. Brokoli Untuk Menurunkan kolesterol

Seperti halnya pada sayuran yang lain, brokoli juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh kita yang sedang dalam program diet sehat.

17. Brokoli Untuk Mencegah penyakit alzheimer

Ternyata hal yang mungkin kita belum ketahui bahwa brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. Oleh sebab itu, brokoli merupakan makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer “pikun”.

18. Brokoli Untuk Mengobati penyakit asma

Di dalam Brokoli terdapat banyak kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

19. Brokoli Untuk Antioksidan

Brokoli merupakan salahsatu sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin C dapat menjadi antioksidan kuat yang menagkal radikal bebas. Brokoli juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang tinggi, dan semua itu merupakan zat antioksidan yang akan mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

20. Brokoli Untuk Anti-inflamasi

Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat.

21. Brokoli Untuk Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan bayi

Untuk Ibu hami sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Tips Mengolah Brokoli yang Tepat

Agar tidak kehilangan nutrisi pentingnya, cara mengolah brokoli harus diperhatikan. Brokoli sebaiknya tidak dimasak terlalu lama. Cukup dikukus atau ditumis selama beberapa menit, dan angkat ketika sayuran masih berwarna hijau. Tambahkam brokoli pada masakan Anda, misalnya menjadi topping pasta, campuran sup, salad atau dibuat cah dan tumisan.

Demikian Ulasan Tentang 1001 Manfaat Brokoli Untuk kesehatan Tubuh Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga