1000 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia

Jan 30 2015 - 1:42am admin indonews3

1000 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan ManusiaIndoNews – Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya atau jarang peminat dibanding buah lainnya. Sebenarnya rasa dari buah belimbing ini manis dan mengandung serat yang tinggi, buah ini juga paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam pembuatan rujak.

Namun siapa sangka dibalik bentuk khasnya yang hampir menyerupai bintang Buah belimbing yang dikenal dengan sebutan buah pedesaan ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan manusia, buah ini bermanfaat untuk tubuh tentunya, karena kandungan gizi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, mineral d­an unsur lainnya.

Dalam bebepara penelitian menyebutkan 1 Buah belimbing dapat mengandung unsur – unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, unsur – unsur vitamin itu antara lain, seperti :  Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia

Buah Belimbing

Manfaat yang di miliki buah belimbing manis ini baik untuk pertumbuhkan kesehatan manusia. Selain itu buah belimbing dapat dikonsumsi sebagai obat penyakit yang anda alami, anda dapat mengkonsumsi buah ini secara langsung atau pun menjadi buah ini sebagai jus, ataupun acar teh.

Didalam dunia kesehatan, buah belimbing memiliki khasiat antara lain :

  • Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.

  • Dapat Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.

  • Buah ini dapat Mengurangi rasa sakit gigi berlubang.

  • Mengatasi jerawat dan panu.

  • Dapat Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.

  • Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.

  • Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

  • Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.

  • Dan buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.

Selain buah belimbing yang kaya akan vitamin. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman belimbing manis ini antara lain daun, bunga, akar, dan tentunya Buah Belimbing :

Manfaat Dan Khasiat Bunga Belimbing manis :

Bunga belimbing juga dapat  dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain batuk, sariawan ( stomatitis), dan juga malaria.

Manfaat Dan Khasiat Daun Belimbing manis :

Dapat dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.

Manfaat Dan Khasiat Akar Belimbing manis :

Bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik.

Berikut Adalah Manfaat Buah Belimbing Serta Penggunaanya :

1. Buah Belimbing Untuk Pengobatan jerawat

Untuk mengobati jerawat, Persiapkan 5 buwah belimbing segar. Cuci secara menyeluruh. Blender Buah belimbingnya tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau mempersiapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Gunakan 5 buah belimbing belimbing buah dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.

3. Buah Belimbing Untuk Obat batuk

Ambil Daun, bunga, buah, masing-masing banyaknya sama yang dibutuhkan untuk pengobatan direbus dengan air 3 gelas sampi mendidih selama 30 menit, dan minum airnya.

4. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Diabetes

Sementara unutuk Anda penderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing, kemudian dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai air setengah, Saring dan minum 2 kali sehari.

5. Buah Belimbing Untuk Pengobat Gondok

Ambil daun belimbing Setengah genggam ditumbuk dengan bawang putih 3. kompreskan pada bagian gondok. 10 ranting muda belimbing berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu haluskan. balurkan pada bagian yang sakit.

6. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Rematik

Ambil Segenggam daun belimbing dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. tempelkan adonan bubur itu ketempet yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.

7. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Panu

Gunakan Sepuluh buah belimbing dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan kapur sirih dari biji asam jawa, hancurkan sampai halus. gosok kulit yang ada panunya. Lakukan 2 kali sehari.

8. Buah Belimbing Untuk Kulit cantik

Rutin minum jus buah belimbing akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat dan cantik. Ini karena kandungan vitamin C serta zinc nya yang cukup tinggi.

9. Buah Belimbing Untuk Rambut uban

Nah, ini cocok bagi Anda yang masih muda usia, namun telah memiliki uban dengan jumlah banyak. berbagai mineral serta vitamin dalam jus belimbing bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh lainnya dalam mengalami penuaan dini.

Cara pemakaiannya, ambil 2 buah belimbing yang sudah masak, cuci bersih, dimakan 2 x sehari. Namun, belimbing manis mengandung asam oxalic yang berbahaya buat penderita penyakit ginjal, jadi sangat tidak dianjurkan memakan buah ini, demikian seperti kami kutip dari beberapa sumber.

Selain manfaat yang disebut diatas, buah belimbing ternyata juga memiliki efek samping bagi tubuh antara lain: buah belimbing manis mengandung asam oxalat yang bisa memberikan reaksi negatif pada ginjal, sehingga bagi anda yang mempunyai masalah pada ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing.
Bagi anda yang memiliki masalah dengan kadar gula atau bagi penderita diabetes disarankan untuk selalu wapada dalam mengkonsumsi buah yang satu ini karena buah belimbing terkenal memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂
Baca Juga