Manfaat Dan Khasiat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sep 20 2015 - 1:24am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Lobak adalah tanaman yang masuk ke dalam keluarga Cruciferae. Umbi lobak bentuk seperti wortel, tapi isi dan kulit putih. Lobak tanaman yang berasal dari Cina dan telah dibudidayakan di Indonesia. Tanaman yang mudah tumbuh baik di dataran rendah dan pegunungan. Lobak dapat digunakan sebagai obat gangguan ginjal dan demam. Selain itu, juga dapat menghasilkan lendir di tenggorokan, sehingga baik untuk obat batuk. Umbi lobak dapat dimakan mentah atau acar dibuat, namun umumnya dibuat sebagai campuran sup.

Lobak Putih

Berikut Adalah Manfaat Dan Khasiat Alami Lobak Putih

Jantung Sehat

Lobak memiliki berbagai nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Lobak membantu mengurangi kolesterol dan membantu pencernaan. Oleh karena itu, isi dari kolesterol dalam tubuh dapat dikurangi. Vitamin K ditemukan dalam lobak juga membantu dalam proses anti-inflamasi.

Oleh karena itu, lobak bisa mencegah beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan sebagainya. Lobak juga mengandung folat yang dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular.

Mencegah Kanker

Kehadiran glucosinolates di lobak dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi efek dari kanker. Glucosinolates adalah bahan kimia alami pada tumbuhan dan dibagi menjadi dua senyawa yaitu indoles dan isothiocyanates.

Keduanya bertindak sebagai agen yang kuat dalam menghilangkan sel-sel tumor dan membantu mengurangi pertumbuhan sel-sel ganas. Sains juga telah menunjukkan bahwa orang yang sering makan lobak memiliki lebih sedikit risiko kanker, terutama kanker payudara. Sayuran sehat juga memiliki efek yang lebih besar untuk tumor di usus besar dan rektum.

Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang menjadi sangat penting, terutama ketika seseorang mulai tua. Tulang membutuhkan lebih banyak kalium dan kalsium untuk pemeliharaan kesehatan baik pada pria maupun wanita. Lobak dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, rheumatoid arthritis, kerusakan sendi dan penyakit tulang lainnya. Kehadiran tembaga di lobak juga memperkuat jaringan ikat yang membuat tulang menjadi lebih sehat.

Penangkal Racun

Manfaat lobak putih untuk menawarkan racun tidak diragukan lagi khasiatnya. Lobak pertama digunakan untuk penawar untuk overdosis obat. Efek yang akan diajukan adalah memuntahkan obat yang masuk dalam tubuh sehingga tidak mempengaruhi kronis.

Menyembuhkan gigitan serangga

Zat – zat yang terkandung dalam pruritis lobak putih akan sangat berguna untuk menyembuhkan gigitan serangga seperti sengatan lebah atau tawon. Di sini, lobak akan membantu mengurangi rasa sakit dan demam yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Kaya anti-oksidan

Lobak memiliki banyak anti-oksidan seperti vitamin C, A dan E, mangan membantu untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Lobak juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang-orang yang menderita asma dan flu. Vitamin A dalam lobak membantu dalam mencegah emfisema, pneumonia, dan menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Mengobati eksim

Bagi yang menderita eksim, menggunakan lobak putih akan sangat efektif untuk mengobati eksim. Caranya, bisa halus lobak putih dicampur dengan jus jahe secukupnya.

Mencegah Bau Badan

Bau badan adalah masalah umum pada perempuan dan laki-laki. Lobak dapat membantu dalam menyingkirkan bau badan yang tidak sedap. Jus lobak benar-benar baik untuk kesehatan, terutama untuk menghindari bau badan.

Jerawat Pada Wajah

Jika memiliki jerawat di wajah , gunakan lobak putih sebagai masker wajah juga akan dapat mengembalikan jerawat dengan cepat. Sedangkan penggunaan lobak putih dengan cara mengkonsumsi akan membantu detoksifikasi tubuh dan membantu mencegah jerawat adalah untuk tidak datang kembali. Lobak putih juga memiliki antioksidan yang akan mencegah tubuh dari zat-zat karsinogenik atau zat dan melindungi tubuh dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

Ketombe Rambut

Menggunakan lobak putih dengan tumbuk atau dicampur dan diterapkan pada rambut adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah rambut menggunakan lobak putih. Jangan lupa untuk memijat lembut sehingga isi yang terkandung dalam lobak dapat bekerja secara optimal mengatasi masalah rambut. Untuk mengatasi ketombe, gunakan masker rambut lobak putih pada malam hari, meninggalkan, dan dibilas di pagi hari.

Menyembuhkan Liver

Beberapa studi menunjukkan bahwa lobak putih membantu menyembuhkan masalah yang terjadi di hati. Lobak putih dapat membantu menjaga normalitas fungsi hati. Isi di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi hati dan membantu mereka untuk mengontrol empedu dan bilirubin. Lobak putih dapat membantu melepaskan enzim – enzim yang akan membantu mencegah hati dari serangan infeksi mungkin dan membantu menyembuhkan luka atau bengkak di hati.

Mengobati Penyakit Kuning

Bagi mereka yang menderita penyakit kuning, lobak putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kuning. Isi pada rancangan lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan.

Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki kelainan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terkandung dalam lobak putih. Selain umbi, daun juga dapat digunakan sebagai penyakit kuning menyembuhkan.

Ingat usaha tanpa doa adalah sia sia hasilnya, Doa adalah senjata paling ampuh untuk semua penyakit, Berdoalah dengan penuh keyakinan akan dikabulkannya doa kita, dan selalu berprasangka baik lah kepada ALLAH SWT. Insya Allah Penyakit apapun itu akan sembuh.

Di Bawah Ini Untuk Membaca Artikel Kesehatan Lainnya :

Demikian Pembahasan Tentang Manfaat Dan Khasiat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn . . . ­čśÇ

Di kutip dari sumber : merdeka.com

Baca Juga