Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dempul Lelet Bagi Kesehatan

Nov 11 2014 - 6:27am admin indonews3

IndoNews.co.idManfaat Dan Khasiat Tanaman Dempul Lelet Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Dempul lelet? pernah dengan nama yang satu ini?. Ya Dempul lelet memang masih sangat asing ditelinga kita, namun bagi sebagian kaum hawa pasti sudah mengenal nama yang satu ini. Dempul lelet merupakan salah satu tanaman yang sejak dahulu sudah dipercaya memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan.

Dempul lelet, sejatinya memiliki nama latin yakni Glochidion rubrum BI yang merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh tinggi hingga mencapai belasan meter, kurang lebih 18 meter. Daun lelet ini rupanya sudah terkenal diberbagai daerah di tanah air, karena persebarannya juga merata hampir diseluruh tanah air. Maka dari itu tak heran jika dempul lelet ini memiliki nama julukan yang berbeda beda disetiap wilayahnya.  Di beberapa daerah Dempul Lelet juga disebut ki timbul, ki pare, dempol, lamer, dan kelewung.

Manfaat Dempul Lele Bagi Kesehatan

Dempul Lelet

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Dempul Lelet Bagi Kesehatan

Dempul lelet merupakan pohon berkayu dengan batang yang tegak. Warna batang kecokelatan. Tumbuhan ini memiliki daun majemuk dengan letak berseling. Warna daun hijau dengan panjang antara 3-4 cm.

Bunga tumbuhan ini merupakan bunga tunggal yang memiliki kelamin ganda. Warna bunganya merah. Benang sari warnanya kuning, dengan putik berwarna putih. Buah dempul lelet warnanya merah tua. Bentuknya bulat. Sedangkan bijinya berbentuk segitiga dan berwarna putih.

Kebanyakan yang paling digunakan dari tanaman ini adalah daunnya. Ya Daun tumbuhan ini terbukti memiliki kandungan ekspektoran sehingga dapat digunakan sebagai obat batuk.

Baca Selengkapnya Artikel Kesehatan Lain :

Tak hanya itu, berbagai produk kecantikanpun kini turut meluncurkan produk yang bahan utamanya adalah dempul lelet. Salah satu khasiat dari dempul lelet untuk kecantikan adalah sebagai penyempurna kecantikan, alasa bedak, sebagai pewarna natural bagi kulit wajah dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Demikian, Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga