110 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Feb 17 2015 - 1:54am admin indonews3

110 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan – Seledri atau daun seledri pada umumnya merupakan bumbu pada makanan yang berkuah untuk lebih mengikat rasa dan aroma seperti halnya bakso ataupun soto. Namun tahukah anda jika tumbuhan yang memiliki daun kecil ini ternyata menyimpan banyak khasiat bagi tubuh kita?.

Seledri atau dalam bahasa latinnya bernama “Apium graveolens” merupakan tanaman yang sangat populer bagi para koki di seluruh dunia. Pasalnya seledri merupakan penyedap makanan alami yang baik untuk tubuh kita. Bahkan sejak ribuan tahun lalu seledri dipercaya dan digunakan sebagai unsur dari obat-obatan. Benar saja berdasarkan penelitian di tahun 1596 mengungkapkan bahwa seledri juga mampu dijadikan sebagai peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa).

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Daun Seledri

Berikut beberapa manfaat umum dari daun seledri bagi kesehatan

1. Untuk obat Reumatik :

Potong menjadi bagian kecil kecil 1 genggam daun dan juga batang seledri, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tertinggal hanya 1 gelas. Setelah  dingin, saring dan juga air saringannya diminum sekaligus.

2. Untuk obat Mata Kering :

Makan daun seledri sebagai lalapan segar sebagai pelengkap lauk pauk makan nasi. Dianjurkan mengkonsumsinya setiap hari. Cukup dengan mencuci daun  seledri, daun bayam dan juga daun kelor ( Moringan oleifera lamk) sebanyak masing-masing 1/3 genggam sampai benar benar bersih, kemudian giling campuran tersebut hingga halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok tea dan juga ¾ cangkir air yang sudah masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan juga saring. Minum air perasan ramuan ini sekaligus, aturan pakai tiga kali sehari.

3. Untuk Obat Tekanan Darah tinggi :

Cuci 100 gr seledri seutuhnya sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air, kemudian peras dan juga saring. Selanjutnya tim  hingga mendidih. Biarkan dingin dan bagi untuk dua kali minum, pagi dan juga siang hari. Atau cuci 16 batang seledri seutuhnya sampai bersih dan juga  potong-potong secara kasar, kemudian masukkan ke dalam panic email. Tambahkan 2 gelas air bersih kemudian rebus sampai airnya tertinggal ¾ nya.  Setelah dingin, airnya diminum dan juga seledrinya boleh dimakan. Lakukanlah dua kali sehari, masing-masing separuh.

4. Untuk Obat Bronkitis :

Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan juga 25 gr gula aren sampai airnya tertinggal separuhnya. Setelah dingin saring dan juga air  saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan juga sore hari, masing-masing ¾ gelas.

5. Untuk Obat Batuk :

Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya, kemudian potong beberapa bagian seperlunya. Semua potongan tadi direbus kedalam tiga gelas air yang bersih. Setelah  dingin, saring dan juga tambahkan madu sedikit. Penggunaan ramuan ini untuk dua kali minum, di pagi dan juga di sore hari.

6. Untuk Obat Kolik :

Sediakan 60 gr seledri segar seutuhnya, 1 ruas jari tangan jahe merah dan juga sepotong gula aren. Cuci bahan-bahan tersebut dan juga potong-potong  seperlunya, kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tertinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan juga air saringannya diminum sekaligus.

7. Untuk Obat penyubur rambut :

Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, kemudian tumbuk halus. Selesat dikeramas, gosokan hasil tumbukan daun seledri ini ke kulit kepala dan juga  rambut secara merata sambil dipijat-pijat ringan. Selesai itu bungkuslah rambut menggunakan handuk selama lebih kurang 1 jam. Kemudian di bilas rambut  dengan air yang bersih. Lakukan setiap seminggu sekali.

8. Baik untuk Mata

Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami, yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat, kulit, dan mata. Satu tangkai seledri besar dapat memberikan hingga 10 persen dari kebutuhan harian untuk Vitamin A. Sehingga seledri baik untuk penglihatan Anda.

9. Mengurangi Kolesterol Jahat

Khasiat Seledri mengurangi kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dua batang seledri sehari dapat mengurangi kolesterol yang berbahaya bagi tubuh hingga tujuh poin.

10. Meningkatkan Gairah Seks

Nutrisi kejantanan untuk pria dewasa, disebutkan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kejantanan pria, salah satunya seledri. Selain bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ternyata seledri dapat meningkatkan produksi sperma. Seledri dapat meningkatkan tingkat gairah dan mengubah kehidupan seks seseorang.

11. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seledri dianggap sebagai makanan kabrohidrat yang membuat seorang menjadi pintar. Tidak mengandung gula putih atau bahan kimia, dan memiliki rasio tinggi nutrisi dibandingkan dengan tingkat karbohidratnya. Sehingga, seledri dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Demikian Ulasan Tentang 110 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers :D

Baca Juga