11 Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Feb 16 2015 - 9:28am admin indonews3

11 Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan – Mahkota Dewa mungkin bagi sebagian pembaca merasa asing dengan nama yang satu ini, namun saat ini buah yang satu ini tengah menjadi fenomena tersendiri bagi para pecinta obat herbal. Ya Mahkota dewa memang tengah dipercaya ampuh dapat mengobati berbagai macam penyakit yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bernarkah itu?

Mahkota dewa atau yang dalam bahasa latin memiliki nama “Phaleria macrocarpa” atau buah simalakama (bahasa melayu) merupakan tanaman yang dirumorkan berasal dari papua. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengungkap kebenaran kandungan dari buah yang satu ini. Buah Mahkota Dewa tanaman eksotis yang berasal dari tanah papua ini terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Jika sebelumnya tanaman ini sering dijadikan ramuan herbal, belakangan mahkota dewa sudah dikembangkan menjadi obat-obatan dalam bentuk kapsul dan tablet. Meskipun rasanya sangat pahit, namun banyak orang yang mengkonsumsi buah ini dikarenakan khasiatnya yang terbukti sangat ampuh dan mempu menyembuhkan berbagai macam jenis pernyakit.

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Mahkota Dewa

Berikut beberapa manfaat dari mahkota dewa bagi kesehatan:

Buah mahkota dewa mangandung sejumlah unsur kimia yang dapat memberikan khasiat cukup baik untuk mengobati sejumlah penyakit. Dibawah ini adalah pemanfaatan buah mahkota dewa sebagai obat :

  • Mengobati Eksim dan gatal-gatal.
  • Menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker.
  • Mengobati penyakit diabetes melitus.
  • Buah berikut kulit buah mahkota dewa mengandung antioksidan potensial yang bermanfaat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
  • Mengobati rematik dan asam urat.
  • Mengurangi rasa sakit saat terjadi pendarahan ataupun pembengkakan.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mengobati disentri.
  • Menghilangkan jerawat pada wajah.
  • Dan banyak khasiat lainnya yang belum disebutkan diatas.

1. Mahkota Dewa Buat penderita asam urat

  • Siapkan daging buah mahkota dewa sebanyak 5 gram, akar sidaguri 15 gram, dan sambiloto 10 gram. Bersihkan semua bahan ini dengan air.
  • Masukkan semua bahan dalam panci stainless steel dan tambahkan dengan lima gelas air. Rebus dengan api sedang hingga nantinya bersisa kurang lebih tiga gelas.
  • Angkat lalu saring hingga semua air rebusan habis. Biarkan dulu rebusan tersebut dingin, lalu bagi menjadi tiga bagian. Minum sebanyak tiga kali sehari. Sebaiknya minum ramuan ini satu jam sebelum Anda makan.

Perlu dipahami, pengobatan memakai herbal kemungkinan baru menunjukkan hasil setelah beberapa kali minum. Herbal efeknya tidak instan seperti obat-obatan farmasi.

2. Buah mahkota dewa Mengobati kangker

  • Tumbuhan mahkota dewa berbuah merah sebesar bola pingpong berwarna merah. Buah itulah yang dipakai untuk pengobatan kanker.
  • Caranya dengan meresbus tiga irisan buah yang telah dikeringkan dan menyusut tipis dengan lebar 1 centimeter dan panjang 5 centimeter.
  • Direbus dengan dua gelas air sampai air menyusut hingga tinggal segelas.
  • Buah direbus dengan wadah keramik atau kaca, tidak dengan logam.
  • Air rebusan itu diminum setelah gelas pada pagi hari sesudah saradpan dan setengah gelas pada malam hari setelah makan.

3. Ekstrak buah mahkota dewa (phaleria macrocarpa) bisa mengobati virus flu burung (H5NI), terutama pada unggas. Penemuan ini bisa membantu meringankan peternak dalam mengatasi penyakit tersebut karena harga antiviral ekstrak virus tersebut sangat murah.

Gunakan 10 gram mahkota dewa kering per 100 mili air atau kelipatannya didestilasi atau disuling sampai menghasilkan 10 ug/ml cairan ekstrak saponim atau senyawa fenol yang menghambat virus. Fungsi saponim sebagai bahan baku pelarut suspensi antigen virus flu burung.

4. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Darah Tinggi

Gunakan Daging buah mahkota dewa kering  5 – 6 yang sudah diiris-iris, lalu Daun sambiloto kering 10 gram, tambahkan juga Daun pegagan kering  15 gram, Kemudian Cuci semua daun kemudian rebus dengan 3 gelas air. Ketika air sudah mendidih dan tinggal setengahnya angkat rebusan tersebut. Supaya bersih saring air hasil rebusan tadi. Disarankan meminum setengah gelas sebanyak 3 kali sehari.

5. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Lever

Gunakan Daging buah mahkota dewa kering 15 gram, lalu Daun sambiloto 7 lembar, kemudian Daun dewa  7 lembar, serta Umbi daun dewa 15 gram, tambahkan juga Rimpang temu putih 15 gram, Kemudian Semua bahan di atas dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan lima gelas air. Angkat ketika air rebusan tinggal 3 gelas. Saring sebelum di minum. Disarankan diminum 1 gelas 3 kali sehari.

7. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Diabetes Melitus

Gunakan Mahkota dewa 5-6 buah, Kemudia diiris tipis, lalu Air bersih 5 gelas, Kemudian Rebus dengan air 3 gelas hingga tinggal 3 gelas, lalu di saring, dan Minum 3 kali 1 hari.

8. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Hepatitis

Gunakan Daging buah mahkota dewa kering 5 gr, Lalu Pegagan 15 gr, lalu Daun Sambiloto kering 10 gr, Daun dewa 15 gr, Kemudian Air bersih 5 gelas, Setelah semuanya siap kemudian Rebus semua bahan Dengan Air tersebut hingga tinggal 3 gelas, dan saring. lalu diminum 3 kali 1 hari.

9. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Kanker Dan Tumor

Gunakan Daging buah mahkota dewa kering 5 gr yang sudah diiris-iris tipis, Temu putih 15 gr, lalu Sambiloto kering 10 gr, Cakar ayam kering 15 gr, Air bersih 5 gelas, Kemudian Rebus semua bahan hingga tinggal 3 gelas, disaring. Minum 3×1 hari sebelum makan.

10. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Disentri

Kulit buah mahkota dewa kering 5 gr, lalu Air bersih 2 gelas, Kemudian Rebus sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan, dan saring, minum airnya sekaligus. Minum 2-3 kali sehari.

11. Mahkota Dewa Untuk Mengobati Eksim

Daun mahkota dewa segar secukupnya, Kemudian blender sampai halus, setelah itu Tempelkan pada bagian yang sakit, lalu balut dengan kapas, Ganti setiap 2-3 kali dalam 1 hari.

Demikian Ulasan Tentang Kenali 11 Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga