Menguak Segudang Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Feb 20 2015 - 1:30am admin indonews3

Menguak Segudang Manfaat Pare Bagi Kesehatan – Bagi sebagian masyarakat kita pasti sudah mengenal buah yang satu ini yaitu pare. Pare atau yang dalam bahasa latin disebut “Momordica charantia” sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita, dipercaya dapat menurunkan demam, mengatasi gangguan liver, dan sebagai obat cacing. Tak hanya itu pare ini juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan, bahkan pare juga menjadi menu santap spesial atau masakan khas Asia dengan kombinasi rempah-rempah.

Pare memang terkenal dengan rasanya yang pahit, namun dibalik itu semua pare menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah Pare banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional/herbal diberbagai negara, seperti di India, brasil, meksiko, dan di china telah lama dimanfaatkan untuk pengobatan diabetes.

Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Buah Pare

Di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Cina, peria dimanfaatkan untuk pengobatan, antara lain sebagai obat gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah, bahkan telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal/jamu.

Berikut beberapa Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare untuk menjaga kecantikan kulit

Pare memiliki kandungan Albiminoid, karbohidrat, minyak lemak,asam dammar, kalsium, besi fosfor, protein, vitaminA, B1,C.Akar pare mengandung asam momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. Buah Pare untuk menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan utra violet.Buah Pare mencegan terjadinya noda hitam dan kerutan pada wajah.

Manfaat Pare untuk penangkal sel kanker

Menurut beberapa penelitian, Pare mengandung zat lesichin, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan guna menangkalsel kanker.

Manfaat pare untuk diabetes

Berdasarkan penelitian Jus buah Pare atau bubuk biji buah pare memiliki manfaat dalam penurunan glukosa darah dan juga untuk meningkatkan toleransi glukosa.

Pare mempunyai Efek antidiabetes dari tindakan kompleks beberapa senyawa.Kandungan senyawa charantin, vicine, peptida dan polipeptida-p dapat merangsang sel beta di kelenjar pankreas sehingga mampu memproduksi insulin lebih banyak dan juga meningkatkan cadangan glikogen di hati.

Manfaat Pare untuk Kesehatan pencernaan

Sayur pare kaya akan cellulose, zat yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah masalah seperti konstipasi. Selain itu, pare juga mengandung zat antihelminthic yang membunuh cacing atau infeksi dalam perut.

Manfaat Pare untuk Meningkatkan kekebalan tubuh

Pare kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, pare juga mengandung zat anti virus yang bisa memperkuat sistem imun serta mengaktifkan sel pembunuh yang melindungi tubuh dari penyakit. Ini membantu memperkuat respon anti peradangan pada usus.

Manfaat Pare untuk Membersihkan Darah

Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

Manfaat Pare untuk Memerangi HIV/AIDS

Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernytaan tersebut didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

Manfaat Pare untuk Membantu menurunkan berat badan

Selain itu, pare juga memicu lever untuk memproduksi cairan empedu. Cairan ini tentunya sangat penting untuk proses metabolisme lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa makan pare akan membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Pare untuk Menjaga kesehatan mata

Pare mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin C dalam pare juga mencegah masalah pada mata yang disebabkan oleh proses oksidasi.

Demikian Ulasan Tentang Menguak Segudang Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga