Mengungkap 101 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Mar 11 2015 - 1:00pm admin indonews3

Mengungkap 101 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan – Buah Durian atau dalam bahsa latinnya disebut “Durio zibethinus” merupakan satu-satunya buah yang mengandung kolesterol. Rumor ini terus berlangsung sejak dahulu hingga kini, namun sebenarnya buah durian ini tak memiliki kandungan kolesterol bahkan justru memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

Buah Durian lebih dikenal sebagai “Raja Buah”, ya jika ada Ratu Buah yang disandang buah manggis maka Raja Buah dipredikatkan pada buah durian. Tak hanya itu Durian juga merupakan buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Mengenai rasa, buah ini memang tidak ada yang memungkiri sensasinya rasa durian. Hingga dalam refensi barat disebutkan ‘smells like hell, but tastes like heaven – baunya seperti di neraka tapi rasanya seperti di surga’.

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Buah Durian

Buah durian terkenal akan berbagai manfaatnya, hal ini terjadi karena nutrisi yang ada didalam buah durian sangat banyak. Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Hingga dikatakan oleh seorang penulis dari Thailand bahwa`kandungan nutrisi durian berkelas ‘bintang lima’. Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6.

Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein. Di dalam catatan pengobatan tradisional dikatakan bahwa durian memiliki manfaat sebagai penghangat badan, meningkatkan kebugaran mental, dan penambah vitalitas kaum pria (aphrodisiac).

Untuk yang terakhir ini ada ucapan terkenal di Malaysia ‘saat durian mulai jatuh, maka sarung mulai naik’. Sedangkan penelitian modern telah menemukan bahwa kandungan zat khusus pada durian memberikan peranan yang penting pada kesehatan manusia.

Dari kandungan diatas wajar saja jika buah durian ini memiliki begitu banyak manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat umum dari buah durian:

Melancarkan BAB

Karena mengandung serat tinggi, menambahkan durian dalam menu harian dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB.

Mabuk perjalanan, kelelahan

Salah satu cara tercepat untuk menangani hangover adalah dengan membuat durian milkshake, dengan campuran madu. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.

Meredakan nyeri lambung

Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.

Menghindari mual (Morning Sickness)

Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.

Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk

Sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk, coba dulu gosok kulit yang digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit durian. Banyak orang mendapati hal ini sebagai cara yang luar biasa dan berhasil untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Buah Durian Mampu Memperbaiki system syaraf

Kandungan vitamin B di dalam buah durian yang tinggi akan dapat membantu memperbaiki system syaraf yang sedang mengalami gangguan.

Buah Durian Dapat Mengontrol diet bagi orang kegemukan

Sebuah Studi di the Institute of Psychology di Austria mengemukakan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang akan banyak makan dan ngemil.

Hasil kajian penelitian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, maka kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.

Buah Durian Mampu Menangkal Depresi Secara Lebih Alami

Di dalam buah durian mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotonin inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang anda.

Buah Durian Kaya Akan Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi

Kandunga kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang ada dalam buah durian dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi.

Buah Durian Membuat Kulit Lebih Awet Muda

Kandungan sumber vitamin C yang yang ada dalam buah durian cukup tinggi. Vitamin C ini akan dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah.

Buah Durian Membantu Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Didalam buah durian juga mengandung mangan yang berperan membantu mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal.

Buah Durian Merupakan Solusi Anemia 

Buah durian mengandung folat, tembaga serta xat besi yang berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah yang menimpa anda.

Demikian Ulasan Tentang Mengungkap 101 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Semoga dapat bermanfaat dan cukup membantu sahabat IndoNewsers 😀 Amin… 🙂

Baca Juga