Mengungkap Sejuta Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Feb 24 2015 - 1:41am admin indonews3

Mengungkap Sejuta Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan – Lidah Buaya atau dalam bahasa latinnya “Aloe barbadensis Milleer” merupakan tanaman yang kaya akan kandungan airnya. Lidah Buaya  juga merupakan tumbuhan yang dikenal sejak dahulu memiliki banyak khasiat yang ampuh.

Awalnya tumbuhan ini hanya ditemukan disekitaran Afrika, namun seiring perkembangan jama tumbuhan ini sudah dapat ditemukan di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Hal tersebut lebih dikarenakan khasiat dan manfaat dari lidah buaya.

Berdasarkan mitos yang berkembang, Lidah Buaya mampu digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Dan hal inipun juga turut dibenarkan oleh beberapa peneliti yang mencoba meneliti kandungan dari lidah buaya.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Maka tak heran jika tumbuhan ini masuk ke dalam 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah Buaya

Tak hanya itu saja, lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,  sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Berikut Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan secara umum:

  • Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi mereka yang kerap bekerja di luar ruangan.
  • Mengatasi masalah kulit yang disebabkan cuaca, seperti kulit kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi ringan atau ruam.
  • Memudarkan warna kemerahan pada memar di tubuh.
  • Mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan alat cukur.
  • Mengatasi luka bakar ringan.
  • Meredakan kulit yang melepuh.
  • Dapat digunakan sebagai krim anti penuaan dini atau untuk mengatasi keriput.
  • Mengobati ruam akibat terkena getah tanaman.
  • Mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga.
  • Gunakan setiap hari untuk memudarkan bekas luka dan strecth mark, garis-garis putih atau merah akibat kehamilan.

1. Mengurangi keriput dan garis halus

Lidah buaya dikenal ampuh menyembuhkan keriput dan garis-garis halus pada kulit. Gunakan lidah buaya secara rutin pada kulit yang mengalami kerutan dan garis halus.

2. Memperbaiki kulit tumit pecah-pecah

Di musim dingin, tubuh akan kehilangan kelembabannya. Inilah yang menyebabkan kulit Anda kering dan pecah-pecah. Untuk mengobatinya, oleskan beberapa tetes lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah, seperti tumit. Pijat dengan lembut dan jangan terlalu keras.

3. Menyembuhkan bibir pecah-pecah

Terlalu sering terkena polusi membuat bibir Anda terlihat pecah-pecah. Untuk membuat bibir Andalembut dan halus, oleskan lidah buaya dalam bentuk jel pada bibir sebelum tidur.

4. Membuat kulit lebih kenyal dan lembut

Ambil satu sendok makan lidah buaya dalam bentuk gel, kemudian campurkan dengan satu sendok madu. Oleskan pada wajah dan leher. Jauhkan dari bagian dekat mata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

5. Membersihkan kulit

Persiapkan sekitar dua sendok lidah buaya yang sudah dijus, campur dengan mentimun yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Oleskan pada bagian wajah dan lehe. Diamkan sekitar 15 menit. Cara tersebut efektif untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran yang menempel.

6. Menyatabilkan Kolesterol dan gula darah 

Bagi Anda yang mengalami penyakit kolesterol tinggi serta diabetes, maka dianjurkan mengonsumsinya secara rutin. Minuman ini membantu menstabilkan kolesterol dan gula darah.

7. Detoksifikasi/membuang racun tubuh

Ada nutrisi seperti asam amino, vitamin serta mineral yang kaya di dalam segelas jus lidah buaya, di mana seluruhnya akan  membantu proses pembuangan zat beracun alias tak bermanfaat lagi yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi ini dimulai dari sistem pencernaan, karena jus lidah buaya membersihkan bagian tubuh tersebut dengan baik, lalu membawa serta bahan beracun yang lama mengendap di usus ke luar tubuh melalui kotoran.

8. Kandungan nutrisi

Nutrisi yang ada di dalam jus lidah buaya antara lain Vitamin A, B12, C dan E. Kemudian juga mineral seperti asam folat, kolin, kalsium, magnesium, seng, kromium, selenium, sodium, besi, kalium, tembaga, dan mangan juga terdapat di dalamnya. Seluruhnya baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang ideal.

9. Sistem kekebalan

Di saat musim hujan, sistem kekebalan tubuh manusia cenderung menurun. Untuk menjaga agar kesehatan tetap baik dan sistem kekebalan tubuh meningkat lagi, maka rutin minum jus lidah buaya yang mengandung polisakarida dapat jadi solusinya.

Demikian Ulasan Tentang Mengungkap Sejuta Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga