Penting !! Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Kolera Yang Berbahaya

Apr 12 2016 - 11:33pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Penyakit kolera adalah penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakterium Vibrio cholerae. Bakteri ini pada umumnya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak benar atau dengan memakan ikan yang gak dimasak benar, terutama kerang. Gejalanya termasuk diare, perut keram, mual, muntah, kemudian dehidrasi.

Pentinga !! Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Kolera Yang Berbahaya

Kematian biasanya dikarenakan oleh dehidrasi. Kalau dibiarkan tak terawat, maka penderita berisiko kematian tinggi. Perawatan dapat dilakukan dengan rehidrasi agresif “regimen”, biasanya dikasih secara intravena secara berkelanjutan sampai diare berhenti.

Pencegahan Kolera

Untuk mencegah terjangkit kolera, sebaiknya senantiasa jaga kebersihan pribadi dan makanan. Bisa mengurangi risiko terjangkit kolera dengan melancarkan beberapa hal berikut indonesia :

  • Hindari membeli makanan yang penjaja keliling atau pedagang kaki lima, dan konsumsi makanan yang benar-benar mantap dan hangat.
  • Hindari konsumsi makanan laut mentah / yang tidak dimasak dengan matang, termasuk sushi.
  • Cermat terhadap produk olahan susu, termasuk susu mentah kemudian es krim, karena hampir sering terkontaminasi bakteri.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum makan dan setelah memanfaatkan toilet.
    • Sebelum membasuhnya dengan air, gosok kedua tangan dengan sabun setidaknya semasa 15 detik.
    • Bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol bila tidak ada sabun lalu air.
  • Minum air vitamin botol atau air yang telah dimasak hingga mendidih. Setelah sikat gigi, kumur dengan air yang bersih. Pada umumnya, minuman botol, kaleng, atau minuman hangat lebih aman. Namun sebelum membuka minuman kemasan, run bagian luarnya terlebih terlebih dulu.
  • Hindari makan salad kemudian buah-buahan yang tidak dikupas, seperti buah anggur. Klik sayuran dan buah-buahan yang bisa dikupas sendiri, contohnya kiwi, pisang, dan pepaya.

Cara Mengobati Penyakit Kolera Secara Alami

Minum ekstra banyak air

Cara ini adalah yang paling efektif untuk penyembuhan penyakit kolera. Ketika terlalu melimpah buang air besar sebab terjadi diare, maka tubuh akan mengalami dehidrasi ataupun kekurangan cairan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi air mineral sebanyakbanyaknya merupakan cara efektif untuk menggantikan cairan yang hilang.

Jahe

Perlu Kita tahu jahe adalah bahan rempah-rempah yang dapat dijadikan antibiotik alami. Dengan kemampuannya ini, jahe mampu mengalahkan infeksi serta menyembuhkan kolera dengan baik. Bahkan, jahe pun bisa dijadikan minuman bagi mengobati kram dan sakit pada perut.

Lemon

Lemon mengandung sifat antibakteri, hingga dapat dengan efektif melawan bakteri pada usus yang menjadi penyebab kolera. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah lemon jua mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat menaikkan kecepatan pemulihan kolera. Dapat mengonsumsi segelas jus lemon dengan tambahan madu dan garam setiap hari hingga kolera sembuh.

Kunyit

Kunyit (curcuma) juga dapat di manfaatkan untuk mengatasi penyakit kolera.

Caranya :

  • Campurkan 0.25 bubuk kunyit dengan sedikit madu dan secangkir air panas.
  • Konsumsi ramuan ini dua kali sehari maka keadaan perut benar-benar pulih.

Cara Penanganan Penyakit Kolera Secara Medis

Dampak amat fatal akibat kolera ialah kematian yang dapat timbul dalam hitungan jam tertentu. Itu sebabnya pasien menginginkan penanganan yang cepat lalu tepat. Langkah-langkah penanganan darurat dapat berupa:

  • Pemberian oralit untuk menggantikan cairan lalu elektrolit yang hilang. Oralit tersedia dalam bentuk bubuk yang bisa dicampur dengan air mineral botol / air yang dimasak sehingga mendidih.
  • Pemberian infus bagi orang yang mengalami dehidrasi parah.
  • Pemberian suplemen seng untuk meredakan diare di dalam anak-anak penderita kolera.
  • Pemberian antibiotik untuk mengurangi kuantitas bakteri, sekaligus mempersingkat diare akibat kolera.

Note !!

Segara berobat kerumahsakit terdekat atau dokter terdekat karena penyakit ini dapat berujung kematian jika lamban dan tidak tepat dalam penanganan dan pengobantanya. 😀

Pentinga !! Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Kolera Yang Berbahaya

Baca Juga