Penyebab, Pencegahan Dan Penanganan Penyakit Miopi Secara Efektif

Apr 16 2016 - 12:25am Indonews Coid

IndoNews,Co.Id – Miopi (rabun jauh) adalah sebuah kerusakan refraktif mata pada mana citra yang dihasilkan berada di depan retina ketika akomodasi dalam situasi santai. Miopi dapat timbul karena bola mata yang terlalu panjang atau sebab kelengkungan kornea yang terlampau besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan alamenurut, baik dan objek dalam tampak buram. Penderita penyakit ini tidak dapat mengecek jarak jauh dan meraih ditolong dengan menggunakan kacamata negatif (cekung).

Pencegahan penyakit Miopi

Pencegahan penyakit Miopi dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Membaca jangan terlampau dekat (minimal sepanjang siku anda).
  • Membacalah di ruangan yang cukup terang.
  • Hindari membaca sambil tiduran.
  • Hindari menonton TV/main play station terlalu dekat secara terus-menerus.
  • Hindari memakai pc dengan monitor terlampau dekat. Sekali-sekali pandanglah ke area yang jauh.
  • Bermainlah dalam luar rumah selama 3-4 jam setiap hari serta lihat obyek yang dalam.
  • Berolahragalah agar otot-otot kita termasuk mata jadi mantap.
  • Makanlah makanan yang membantu bagi mata seperti vitamin A, Beta Karotin, dan sebagainya.

Penyebab Miopi

Penyebab miopia dapat bersifat keturunan (herediter), ketegangan visual / faktor lingkungan. Faktor herediter pada miopi pengaruhnya berlimpah kecil dari faktor ketegangan visual.

Terjadinya miopi ekstra dipengaruhi oleh bagaimana seseorang menggunakan penglihatannya, dalam situasi ini seseorang yang ekstra banyak menghabiskan waktu dalam depan komputer atau seseorang yang menghabiskan banyak saatnya dengan membaca tanpa istirahat akan lebih besar kemungkinannya untuk menderita miopi.

Faktor lingkungan juga dapat memengaruhi misalnya pada rabun malam yang disebabkan oleh kesusahan mata untuk mencarai fokus cahaya dan membesarnya pupil, keduanya karena kurangnya cahaya, mengakibatkan cahaya yang masuk kedalam mata tidak difokuskan dengan baik.

Penanganan Penyakit Miopi

Kacamata

Bisa menatasi semuanya masalah penglihatan, termasuk miopia, hyperopia, dan astigmatisme. Lensa kacamata bifocal sangat memberikan masalah penglihatan jauh kemudian dekat.

Menggunakan kacamata ialah cara yang berbeda utk membantu penglihatan secara jangka panjang. Kacamata juga berguna untuk menghambat tingkat eksploitasi kearah yang lebih parah, terutama untuk masalah rabun dekat.

Lensa Kontak

Lensa kontak juga bisa akhirnya menjadi pilihan untuk mengatasi miopia. Namun untuk kasus imprevidenza yang lebih berat, sanggup menjadi tebal dan berat, sehingga beberapa orang lain merasa tak nyaman. Namun sudah digantikan oleh cara yang lunak dan ekstra nyaman, tapi mungkin susah untuk dibersihkan.

Lensa kontak sekali pakai merupakan seleksian yang cukup populer. Speak to lens mungkin lebih efektif, sayangnya membuat orang rentan mengalami infeksi mata. Tetapi resiko bisa diminimalisir dengan cara merawat dan membersihkan lensa kontak sesuai intruksi, membuang tepat waktu, kemudian tidak digunakan saat tidur.

Operasi

Ada 3 metode operasi mata untuk memulihkan masalah kondisi mata sekarang, yaitu photorefractive keratectomy (PK), laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK), dan radial keratotomy (RK). Metode laser RK sekarang  tak banyak peminatnya untuk digunakan, sementara yang paling sering ialah Lasik dan PK.

Tetapi RK terkadang digunakan bagi mengoperasi mata silinder yang parah, yaitu caranya dokter mata memotong sekitar kornea dengan tepat menggunakan pisau berlian kecil.

Penyebab, Pencegahan Dan Penanganan Penyakit Miopi Secara Efektif

Baca Juga