Ribuan Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Manusia

Feb 6 2015 - 1:15am admin indonews3

Ribuan Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Manusia – Mendengar namanya saja sudah mengerikan apalagi rasanya. Ya brotowali memang terkenal akan rasa pahitnya. Bagi ibu menyusui, brotowali merupakan cara ampuh untuk melepaskan anak dari ASI setelah umur yang cukup (Disapih).

Meskipun terkenal akan rasanya yag pahit, brotowali ternyata juga ampuh untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Orang tua jaman dahulu sering menggunakan brotowali sebagai obat tradisonal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sekilas batang dari brotowali mirip batang tanaman singkong dengan warna cenderung hitam.

Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan

Brotowali

Rasa pahit yang dijasilkan brotowali merupakan akibat dari adanya senyawa pikroretin yang ada di batang brotowali tersebut.

Secara umum menurut penelitian yang telah dilakukan, brotowali ternyata memiliki kandungan seperti alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, harsa, berberin, dan palmatin. Sedangkan di bagian akarnya mengandung alkaloid berberin dan kolumbin. “Brotowali berkhasiat mengobati beragam penyakit diantaranya, kencing manis (diabetes melitus), demam, radang hati (hepatitis), rematik, sciatika, sakit perut, diare, dan malaria,”.

Brotowali juga ampuh mengobati luka, kudis (skabies), dan koreng. Secara tradisional, tanaman ini biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan gatal-gatal serta menambah nafsu makan. Para penjual jamu gendong biasanya meramu herba lain yang sudah digunakan secara turun temurun.

Seperti yang diketahui kandungan alkaloid merupakan semacam zat yang berguna untuk membunuh bakteri pada luka.Zat pahit pikroretin dapat merangsang kerja urat saraf sehingga alat pernapasan bekerja dengan baik dan menggiatkan pertukaran zat sehingga dapat menurunkan panas.

Selain sebagai obat, brotawali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebagai obat, bratawali biasa direbus dan diminum ataupun dioleskan pada kulit untuk luka luar. Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bratawali ialah rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.

Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan

  • Mengobat Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul (sciatica), memar.
  • Mengobati Demam.
  • Menambah nafsu makan.
  • Mengobati Virus demam kuning.
  • Mengobati Kencing manis.

Manfaat Brotowali  Untuk Obat Rematik

  • Potong 1 jari batang brotowali, dibersihkan terlebih dahulu, pastikan bahwa Anda memotong batang brotowali sesuai kebutuhan saja.
  • Jika sudah dicincang, panaskan 3 gelas air dalam panci, kemudian masukkan potongan batang brotowali.
  • Tunggu mendidih dan airnya tersisa 1 1/2 gelas.
  • Abaikan sejenak hingga suhu air dingin, agar tidak terlalu pahit tuangkan sedikit madu, lalu diminum sampai habis 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Manfaat Brotowali  Untuk Kencing Manis

  • Padukan antara 1/3 genggam daun sambiloto, daun kumis kucing, 3/4 jari batang brotowali (kurang lebih yang panjangnya 6 cm), lalu potong-potong dan rebus dalam 3 gelas air hingga menyisakan 2 gelas.
  • Minum air hasil rebusan setelah makan, sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.
    Sama, lakukan juga yang rutin.

Manfaat Brotowali  Untuk Penurun Panas 

  • Rebus 2 jari batang brotowali yang sudah dicuci kedalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  • Tunggu mendingin, lalu tambahkan madu secukupnya.
  • Minum airnya 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

 

Demikian Ulasan Tentang Ribuan Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga