Sejuta Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Feb 9 2015 - 9:14pm admin indonews3

Sejuta Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan – Bawang merah atau dalam bahasa latinnya bernama “Allium cepa” merupakan salah satu bumbu atau rempah rempah makanan yang sudah terkenal sejak dahulu diwilayah Asia Tenggara. Bawang merah pada umumnya memang digunakan sebagai bumbu masakan atau makanan, namun ternyata bawang merah memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Bawang Merah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap bawang merah ini, diperoleh hasil yang mengejutkan yakni bawang merah mengandung  vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Berikut beberapa Manfaat dari Bawang Merah Bagi Kesehatan

  1. Keluarkan air mata karena terkena bawah merah bermanfaat untuk membersih mata dari kotoran tipis pada mata yang bisa berakibat buruk.
  2. Kandungan sifat anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang merah dapat membantu untuk mengobati sakit perut dan sindrom terkait lainnya.
  3. Kandungan 8 gram air rebusan bawang merah dapat membantu mengobati penderita gangguan urine yang merasa terbakar saat buang air kecil.
  4. Kandyngan bawang merah dengan mengunyah bawang merah selama 4 – 5 menit dapat bermanfaat mengusir kuman dan mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut.
  5. Knadungan awang merah dapat mencegah sel darah merah dari rumpun pembentukan yang menyebabkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular.
  6. Kandungan bawang merah dapat mengobati jerawat.
  7. Kandungan bawang merah dapat  menghidupkan kembali sakit tenggorokan dan gejala batuk.
  8. Jus dari bawang merah dapat digunakan untuk alternatif mengurangi rasa sakit karena  gigitan serangga dan sengatan kalajengking.
  9. Kandungan bawang merah dapat  meningkatkan dorongan seksual yang sehat.
  10. Kandungan bawang merah saat kondisi menderita anemia dapat ditingkatkan dengan makan bawang merah bersama dengan Jaggery dan air.
  11. Kandungan senyawa aktif bawang merah dapat menghambat perkembangan sel kanker.
  12. Kandungan bawang merah dapat membantu pencegahan kanker payudara.
  13. Kandungan bawang merah dapat membantu pencegahan tumor.
  14. Kandungan bawang merah membantu mencegah terjadinya batuk dan rasa dingin.
  15. Tetesan jus bawang merah dapat menyembuhkan penderita sakit telinga dengan kapas.

Beberapa Manfaat Lain Bawang Merah

Mencegah kanker

Bawang merah segar segar mengandung vitamin A, yang merupakan antioksidan efektif mengurangi resiko kanker rongga mulut dan mencegah perkembangannya. Bawang merah sangat membantu dalam mencegah kanker hati dan menghancurkan sel-sel kanker. Bawang merah sehingga membantu mengurangi kemungkinan kanker perut.

Baik untuk rambut dan obat memar

Gosok jus bawang merah setiap hari pada kulit kepala Anda untuk membantu pertumbuhan rambut dan mengatasi ketombe. Anda juga dapat menggunakan bawang merah untuk memar. Jika punya problem bisul, minumlah jus bawang merah dicampur atau wortel.

Baik untuk kesehatan gigi

Mengunyah bawang merah selama 3 menit setiap hari di pagi hari akan menghancurkan bakteri pada gigi Anda.

Menghilangkan racun

Goreng empat potong irisan bawang merah. Makan selama 14 hari untuk membantu hati dalam menghilangkan racun dari tubuh.

Mengontrol tekanan darah

Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi Anda.

Baik untuk kekebalan tubuh

Campur jus bawang merah dengan madu dan konsumsi satu sendok teh campuran ini tiga kali sehari. Ini efektif mengatasi bronkitis, influenza, pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Termasuk membantu mencairkan dahak.

Mengatasi sengatan serangga

Untuk mengobati sengatan serangga, gosok daerah yang terkena dengan bawang merah yang dihaluskan untuk meredakan rasa sakit. Bawang merah mengatasi gigitan nyamuk, sengatan lebah atau tawon.

Mengatasi cacingan

Bawang merah sangat baik bagi pencernaan serta mengatasi sembelit. Bawang merah efektif pula dalam menyembuhkan cacingan dan mengobati sakit perut.

Mengurangi kolesterol

Allicin dalam bawang merah dapat berguna untuk mengurangi produksi kolesterol. Allicin dalam bawang merah sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang merah rendah kalori dan banyak nutrisi. Jika Anda sedang diet, Anda dapat menambahkan bawang merah untuk menikmati rasa lezatnya makanan, tanpa menumpuk kalori.

Anti virus, bakteri dan baik untuk diabetes

Bawang merah mengandung anti-oksidan, mineral, vitamin. Bawang merah juga memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Bawang merah menjadi obat yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baik bagi penglihatan

Jus bawang merah meningkatkan daya penglihatan. Bawang merah kaya akan sulfur, sistein, dan lesitin yang melindungi mata Anda dari pembentukan katarak.

 

Demikian Ulasan Tentang Sejuta Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga