Sejuta Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Feb 16 2015 - 11:49am admin indonews2

Sejuta Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan – Cucumis Melo L atau yang biasa kita sebut dengan buah melon ternyata menyimpan banyak manfaat yang di butuhkan oleh tubuh kita. Dengan kandungan air yang tinggi, tekstur yang lembut, dan rasa yang manis membuat buah melon sering di olah menjadi es buah dengan rasa yang segar.

Manfaat Buah Melon

Saat ini sendiri buah melon sering dikonsumsi masyarakat Indonesia seabgai salah satu buah yang segar. Biasanya buah melon dibuat untuk jus, tambahan es buah, makanan olahan, hingga yang lainnya. Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa manfaat melon yang sangat baik untuk tubuh kita.

1. Melancarkan Proses Buang Air Besar

Sama halnya dengan pepaya, buah melon juga memiliki banyak kandungan serat yang dapat membantu proses pembuangan kotoran. Sehingga sangat di sarankan bagi anda yang menderita sembelit untuk mengkonsumsi buah melon sebagai obat alami tanpa efek samping.

2. Mencegah Penyakit Stroke

Pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” Benar? Karena mengobati membutuhkan dana yang jauh lebih banyak daripada mencegah. Pada umumnya stroke terjadi karena terjadi proses penggumpalan atau koagulasi pada sel darah merah yang memiliki resiko terserang stroke. Untuk mencegah di butuhkan senyawa Adenosine yang dapat mencegah proses koagulasi sehingga dapat membuat proses peredaran darah menjadi lebih lancar.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Untuk mengatasi kanker tubuh kita membutuhkan senyawa bernama karatenoid. Pada buah melon sendiri terdapat senyawa karatenoid dengan jumlah yang cukup banyak. Sehingga sangat di sarankan bagi kita untuk memakan buah melon dalam jangka waktu beberapa hari sekali.

4. Meringankan Kinerja injal dan Mengobati Penyakit Asam Urat

Dengan memakan buah melon kita menjadi sering membuang air kecil yang dapat meringankan kinerja ginjal, sehingga dapat membuat ginjal kita lebih sehat. Bagi anda yang sudah memiliki usia mencapai 40 tahunan juga di sarankan untuk mengkonsumsi buah melon agar terhindar dari penyakit asam urat.

5. Mengatasi Panas Dalam

Seperti yang di jelaskan di atas buah melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga akan memberi efek sejuk saat mengkonsumsinya, hal tersebut juga yang membuat melon sering di gunakan untuk campuran blewah saat bulan puasa karena akan memberikan rasa segar.

6. Rendah kalori

Untuk menurunkan berat badan, makanan yang Anda konsumsi haruslah rendah kalori. Dan buah melon termasuk di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi sekitar 250 gram buah melon sebagai menu sarapan Anda.

7. Tinggi akan zat antioksidan

Asupan yang baik dari zat antioksidan adalah cara lain untuk menurunkan berat badan. Sehingga melon yang tinggi akan zat antioksidan di dalamnya bisa Anda konsumsi sebagai menu diet. Bonusnya, Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan kanker.

8. Kaya nutrisi

Walaupun rendah kalori, buah melon tinggi akan vitamin dan mineral di dalamnya. Sehingga kesehatan Anda tetap terjaga walaupun sedang berada dalam program diet.

Gunakan daging buah melon yang sudah dilumatkan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Meremajakan kulit

Vitamin A dan vitamin C dalam buah melon dapat mendorong peremajaan sel. Blender daging buah melon dengan yogurt dan oatmeal.

Gunakan campuran ini untuk peeling. Aplikasikan pada wajah, kemudian gosok melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

10. Mencegah penuaan dini

Vitamin dalam melon dapat membantu mencegah munculnya gejala penuaan dini seperti garis halus, flek hitam, dan kusam. Dapatkan manfaat anti-aging melon dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dan aplikasi topikal dalam bentuk masker wajah.

Demikian Ulasan Tentang Sejuta Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga