Sejuta Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Aug 14 2015 - 10:00pm admin indonews

Sejuta Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

– IndoNews.co.id – Buah Tomat atau dalam bahasa latinnya “Lycopersicum esculentum” merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Amerika dan masih satu kerabat dengan kentang. Buah ini juga memiliki nama lain yang cukup terkenal khususnya dinegara Perancis, ya buah ini mendapat julukan “Buah Apel Cinta” karena memiliki khasiat yang tinggi, oleh karena itu buah ini tak selayaknya dipandang remeh.

Buah ini memang sangat familiar, bayangkan saja disetiap dapur masak diseluruh dunia pasti memiliki buah tomat sebagai pelengkap masakan atau bahkan sebagai bahan masakan utama mengingat buah tomat merupakan buah yang masuk dalam klasifikasi sayuran. Dalam perkembangannya buah ini tak hanya menjadi bumbu pelengkap namun telah disulap menjadi berbagai olahan seperti saus, sambal, sup, dan bahkan minuman atau jus.

Sejuta Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Meskipun telah cukup banyak dikenal oleh masyarakat, banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui secara pasti manfaat dari si buah tomat ini untuk sisi kesehatan. Namun bagi sebagian besar masyarakat Perancis percaya jika buah tomat ini dapat menyembuhkan penyakit lemah syahwat dan dapat meningkatkan stamina. Lantas apakah hal ini benar? untuk menjawabnya mari kita liat kandungan nutrisi yang ada di buah tomat yang nantinya dapat disimpulkan kebenarannya.

Kandungan Nutrisi Buah Tomat :

Buah tomat memang memiliki berbagai macam varietas, namun apapun jenisnya semua buah tomat kaya akan kandungan vitamin A, C, mineral, dan zat fitonutrien. Perbedaannya hanya terletak pada kadar prosentasenya saja. Secara umum kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tomat antara lain:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Kalium
  • Likopen
  • Bioflavonoid

Berdasarkan dari data kandungan nutrisi diatas, serta beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah tomat secara rutin. Beberapa Manfaat tersebut antara lain :

  • Mencegah Penyakit Jantung

Buah ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita yakni salah satunya sebagai pencegah hadirnya penyakit jantung. Satu cangkir porsi tomat mengandung sekitar 1,277 mg vitamin B3, atau setara dengan 8% dari asupan harian yang disarankan. Vitamin B3 atau sering juga disebut dengan niacin, berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah pada arteri dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh dalam memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk menjadi energi dan memperbaiki jaringan sel. Kedua fungsi ini sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Selain membuat kerja jantung menjadi semakin ringan, kadar LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah juga semakin berkurang.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol dan Mesntabilkan Gula Darah

Kandungan karbohidrat dalam buah tomat tidak akan menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam gula darah, hal ini karena tomat diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Mengkonsumsi lebih banyak makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik rendah diketahui dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Sedangkan serat yang terkandung dalam buah tomat sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menstabilkan gula darah, dan mencegah terjadinya sembelit.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang diketahui bahwasanya buah ini mengandung banyak sekali vitamin yang salah satunya adalah vitamin A. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat baik untuk perawatan kecantikan.

  • Melindungi Paru-Paru dan Ginjal

Satu cangkir porsi tomat diketahui mengandung sekitar 58 mcg vitamin A, atau sekitar 7% dari asupan harian yang disarankan. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah infeksi pada kulit dan untuk mengontrol jerawat. Selain itu, vitamin A juga mempunyai peranan dalam pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi, serta melindungi paru-paru, ginjal, dan kandung kemih dari infeksi jamur dan bakteri.

  • Menjadikan Kulit Bersih Dan Bersinar

Tomat dengan kandungan likopennya mampu membuat kulit menjadi bersih juga bersinar dan semakin cantik dan hal ini sudah terkenal di seluruh dunia, caranya potong buah tomat menjadi beberapa bagian kemudian letakkan/oleskan pada bagian wajah anda tunggu hingga 15 – 20 menit, lalu lihat dan rasakan perbedaannya 🙂

  • Melancarkan Buang Air Besar

Dalam hal ini tomat juga dipercaya akan kandungan serat yang begitu besar yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sembelit pada tubuh kita, caranya adalah dengan mengkonsumsi tomat pada menu makanan kita sehari – hari.

  • Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Sebuah penelitian Klinik Cleveland di Ohio menyebutkan bahwa senyawa pada tomat seperti Lycopene dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

  • Mencegah Kanker Payudara

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti di amerika serikat bahwa dengan kandungan Lycopene yang membuat warna merah pada tomat bisa membantu mencegah kanker payudara pada wanita, caranya adalah dengan mengkonsumsi tomat hingga menjadi jus dan dijadikan santapan sehari hari.

  • Memelihara Kesehatan Gusi dan Gigi

Perpaduan antara vitamin A dan vitamin C di dalam tomat berfungsi untukMemelihara kesehatan gusi dan gigi  juga menjaga organ Pengelihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi.

Simak Juga Untuk Info Kecantikan Lainya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga