Sejuta Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Aug 15 2015 - 5:01am admin indonews2

Sejuta Khasiat Dan Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

– Daun singkong ? Siapa yang tak kenal dengan daun yang satu ini. daun ini biasanya dibuat kalung untuk bermain oleh anak-anak desa. Selain itu daun singkong juga memiliki suatu keistimewaan yaitu setiap tangkai daun singkong memiliki lima lembar daun. Masyarakat gemar mengonsumsi daun singkong sebagai kulup. Selain rasanya yang enak, kulup daun singkong juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan volume darah dalam tubuh.

Manfaat Daun SIngkong

Manfaat Daun SIngkong

Jadi selain makan sate bagi penderita darah rendah juga bisa mengonsumsi kulup daun singkong. Cara pembuatan kulup singkongpun sangat sederhana. Pertama petik beberapa daun singkong muda. Kemudian cuci hingga bersih menggunakan air. Setelah bersih taruh daun singkong ke dalam panci. Tambahkan air hingga daun singkong tergenang. Rebus hingga mendidih. Setelah mendidih tunggu rebusan sampai dingin. Setelah dingin cuci rebusan daun singkong dengan air. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu parutan kelapa dan sambal. Campur rebusan daun singkong dengan parutan kelapa dan sambal. Ulet hingga parutan kelapa dan sambal merata. Kulup singkong pun siap dinikmati.

Kandungan gizi daun singkong juga banyak diantanya adalah :

  • Vitamin (A, B17, dan C)
  • Kalsium
  • Kalori
  • Fosfor
  • Protein
  • Lemak
  • Hidrat arang
  • Zat besi.

 

Selain bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah, daun singkong juga berfungsi untuk  :

 

1. Sumber Antioksidan

Seoerti yang kita tahu antioksidan sangat baik bagi tubuh. Yang mana antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membuat kulit lebih cerah secara alami.

2. Anti Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mahal dalam pengobatannya. Hingga akhirnya menyebabkan banyak orang sangat takut terhadap penyakit yang satu ini. tapi tak perlu khawatir dengan mengonsumsi daun singkong insyaallah kanker tidak akan datang pada diri anda.

3. Anti Tumor

Sebelum menjadi kanker terlebih dahulu ditandai dengan timbulnya bejolan yang tak wajar pada tubuh yang bernama tumor. Tumor bisa menyerang siapa saja. Tapi tak perlu khawatir pengobatan tumor jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan kanker. Dan jika kita sering mengonsumsi daun singkong tumor pun berpeluang kecil mampir pada tubuh kita.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Terkadang banyaknya masalah membuat kita malas menyentuh makanan. Hingga berangsur-angsur dan membuat nafsu kita menjadi turun. Untuk meningkatkan nafsu makanpun cukup sulit. Dan saat inilah daun singkong mengeluarkan aksinya. Daun singkong terbukti mampu meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya itu daun singkong juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya demam, rematik, diare, luka-luka, beri-beri dan dapat meningkatkan stamina. Itulah beberapa manfaat daun singkong. Yang membuktikan bahwa apapun yang tercipta di dunia ini banyak sekali manfaatnya tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya. Salah satunya adalah daun singkong yang murah harganya tapi memiliki manfaat yang sangat mahal.

Baca juga : 3 Khasiat dan Manfaat Jitu Daun Angsana Bagi Kesehatan

Baca Juga Artikel Kesehatan Lain Di Bawah Ini Ya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga