Ternyata Kecambah Mempunyai 1011 Manfaat Bagi Kesehatan Kita

Feb 18 2015 - 2:46pm admin indonews2

Ternyata Kecambah Mempunyai 1011 Manfaat Bagi Kesehatan Kita – Jika anda setiap hari makan makanan yang mengandung sayuran, mungkin anda mengenal sayuran yang satu ini, yaitu kecambah. Kecambah atau yang biasa disebut dengna tauge ini merupkana sayuran yang sering ditambahkan dalam bahan makanan seperti pecel, ataupun tumis. Kecambah sendiri merupakan kacang hijau yang ditanam dan masih berumur sekitar 1 minggu.

Manfaat Kecambah

Kecambah atau tauge ini sendiri dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Anda sendiri bisa mengambil banyak manfat dari tauge ini. Kecambah dapat kita temukan dipasar ataupun kita tanam sendiri. Nah, apa saja manfaat kecambah ini?

Mari kita simak manfat kecambah atau tauge untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Seperti yang diketahui, kecambah memiliki kandungan air dan juga serat yang cukup tinggi. Hal ini akan membantu membersihkan proses pembersihan kotoran di usus besar. Tentunya juga akan menghilangkan zat-zat yang tidak berguna atau zat racun yang terkandung dalam tubuh yang biasa menyebabkan kanker.

2. Sebagai Vitalitas Tubuh

Tauge atau kecambah ini juga dikenal sebagai salah satu makanan yang dipercaya akan menaikkan vitalitas tubuh. Pasalnya, tauge ini mengandung antioksidan dan juga vitamin E yang berkhasiat sebagai penyubur bisa mendongkrak vitalitas tubuh. Maka tak heran jika banyak pria yang mengkonsumsi makanan ini untuk menambah vitalitas tubuh.

3. Memperlancar BAB

Nah, jika anda pernah atau sedang merasa susah buang BAB, ada baiknya anda mengonsumsi kecambah ini. Selain mengandung kandungan air yang banyak, kecambah juga mengandung serat yang larut yang akan membantu masalah pencernaan anda. Disarankan untuk mengonsumsi kecambah yang masih mentah ketimbang kecambah yang sudah matang.

4. Mencegah Osteoporosis

Apakah anda merasa tulang anda sudah sedikit keropos atau kurang padat. Mungkin anda dapat mencoba menggunakan kecambah sebagai alternatif mengembalikan kepadatan tulang anda.

Kecambah dikenal memiliki kandungan estrogen yang dapat membantu mengembalikan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah kekeroposan tulang.

5. Mengandung banyak vitamin

Vitamin yang terdapat dalam kecambah meningkat hingga 20 kali dari jumlah aslinya. Ini membuat kecambah mengandung banyak sekali vitamin yang diperlukan tubuh. Kebanyakan kecambah mengandung banyak vitamin A, B-kompleks, C, dan E.

6. Sumber enzim

Didalam Kecambah terdapat kandungan 100 kali lebih banyak enzim dibandingkan dengan sayur dan buah-buahan yang tidak dimasak. Enzim ini merupakan protein spesial yang memberikan efek penting untuk tubuh, dan juga dapat meningkatkan fungsi organ dalam tubuh.

7. Sumber protein

Kecambah juga merupakan sumber protein yang baik, terutama bagi vegetarian yang tidak mengonsumsi protein hewani seperti daging. Kecambah mengandung sekitar 35 persen protein untuk tubuh. Selain itu, kelebihan lainnya, kecambah menawarkan protein tanpa tambahan lemak, kolesterol, dan kalori seperti sumber protein lainnya.

9. Mudah dicerna

Karena jumlah enzim yang cukup besar di dalamnya, kecambah mudah untuk dicerna. Kecambah juga membantu orang yang memiliki masalah dengan perut kembung atau masalah pencernaan.

10. Membantu menurunkan berat badan

Kecambah yang kaya nutrisi dan rendah kalori akan membantu Anda menurunkan berat badan sambil tetap memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, kecambah juga kaya serat dan bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Semua kelebihan kecambah ini membuatnya sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

11. Menurunkan kolesterol dan detoks

Serat dalam kecambah juga mampu melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuang racun. Selain itu kecambah juga mengandung klorofil yang dapat membersihkan tubuh dan memasok oksigen.

Sebagai sedikit tips, anda bisa mengonsumsi kecambah dengan banyak olahan. COntohnya saja ditambahkan dalam makanan, minuman, atau sebagai jus. Untuk memasak kecambah, ada baiknya anda tidak terlalu lama, pasalnya jika terlalu lama, akan menyebabkan kadnungan gizi akan rusak. Anda juga bisa memanfaatkan kecambah mentah, karena akan memiliki manfaat yang lebih banyak ketimbang yang sudah masak.

Demikian Ulasan Tentang Ternyata Kecambah Mempunyai 1011 Manfaat Bagi Kesehatan Kita Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga