Tips Mudah Mengatasi Penyakit Biduran Yang Sepele Tapi Berbahaya

Jun 14 2016 - 8:48pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Biduran yang dalam istilah medisnya disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang mengakibatkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur ini langkah pertamanya muncul di satu periode tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab biasanya adalah alergi. Ukuran serta bentuk bilur pun sanggup berbeda-beda. Biduran atau urtikaria lebih sering terjadi dalam anak-anak dan wanita di dalam usia 30-60 tahun. Malah, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko utk mengalaminya.

Tips Mudah Mengatasi Penyakit Biduran Yang Sepele Tapi Berbahaya

Tips Mudah Mengatasi Penyakit Biduran Yang Sepele Tapi Berbahaya 

Penyebab Terjadinya Biduran (Urtikaria)

Munculnya bilur di kulit ini dipicu dengan tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah jadi rileks dan melebar hingga aliran darah pun naik. Dengan banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit pun terlihat memerah. Kelebihan cairan di sini. jugalah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan gatal-gatal.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya biduran :

  • Berlangsung kontak dengan pemicu/penyebab alergi, misalnya lateks dan bulu binatang.
  • Makanan penyebab biduran yang amat umum adalah kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu.
  • Hampir keseluruhan obat-obatan bisa menyebabkan urtikaria, misalnya antibiotik, aspirin, obat anti-hipertensi dan ibuprofen.
  • Zat aditif atau bahan bonus dalam makanan seperti pemanis, pengawet, penguat rasa, pewarna, pengental, dan lain-lain.
  • Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar.
  • Gigitan serangga
  • Aspek lingkungan seperti pajanan bersama kondisi atau cuaca panas maupun dingin, pajanan kepada air tertentu, atau malahan sinar matahari.

Cara Mengobati Biduran atau Urtikaria

Biduran ataupun urtikaria sebagian besar gak memerlukan pengobatan khusus. Gejala ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari. Bila terasa sangat mengganggu, obat antihistamin bisa digunakan bagi mengatasi rasa gatalnya. Utk kasus yang lebih parah, gunakan tablet kortikosteroid.

Ramuan Untuk Penyakit Biduran

Buah Asam Dan Temulawak

Gunakan bahan ramuan ini buah asam secukupnya dan temulawak, kemudian rebus dengan air sebanyak dua gelas, lalu tambahkan gula aren secukupnya rebus hingga airnya tersisa 1 gelas kemudian saring dan biarkan hingga dingin lalu minum rebusan air tersebut.

Kunyit Dan Sambiloto

Gunakan bahan 10 gr sambiloto, 1 sdm adas, lalu tambahkan 20 gr kunyit, kemudian 3 biji bawang merah lalu tumbuk hingga halus semua bahan tadi dan rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa sepertiga dari itu, kemudian saring dan minum airnya selagi hangat.

Minyak Kayu Putih Dan Minyak Zaitun

Gunakan bahan minyak tersebut secukupnya, lalu campurkan dan aduk hingga rata, Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terserang biduran hingga rata diamkan hingga kering.

Tips Pencegahan Penyakit Biduran

1. Hindari Makanan Yang Menyebabkan Alergi Dan Biduran

Ketahui makana yang dapat memicu anda terserang alergi dan dapat mengakibatkan biduran, Jangan sampai meanggar apa kata dokter jika sudah berkonsultasi dengannya.

2. Hindari Gigitan Dan Sengatan Serangga 

Penyakir biduran ini sangat sensitif dengan gigitan dan sengatan serangga, karena mereka dapat memicu penyakit biduran ini menjadi merajalela menyerang anda jika anda tak sigap dalam menangani hal ini.

Cepat tanggap dan mengerti atas permasalahan kesehatan yang anda alami, Karena anda satu-satunya orang yang mengerti akan apa yang anda rasakan dan butuhkan 😀

Tips Mudah Mengatasi Penyakit Biduran Yang Sepele Tapi Berbahaya

Baca Juga