7 Tips Jitu Sebelum Membeli Handphone Bekas

Sep 13 2014 - 2:05pm admin indonews

7 Tips Jitu Sebelum Membeli Handphone Bekas – Ponsel saat ini merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat. Maka tak heran jika hampir semua orang memiliki ponsel, baik itu smartphone, ataupun ponsel biasa. Saat ini sendiri ponsel telah berkembang pesat dan setiap bulan bermunculan ponsel-ponsel baru.

Membeli Handphone Bekas

Namun melihat perkembangan ponsel yang semakin banyak fitur dan juga semakin banyak pilihan, membuat handphone memiliki harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak juga yang mencari jalan alternatif lain dengan membeli ponsel atau handphone bekas. Tentunya kita harus jeli juga saat ingin membeli ponsel bekas. Nah, ini beberapa tips sebelum membeli handphone bekas agar anda tidak rugi nantinya.

1. Tentukan Ponsel Sesuai Budget

Untuk pertama yang anda lakukan adalah pilihlah smartphone sesuai dengan minat dan juga budget anda. Jika anda memiliki budget pas-pasan, anda bisa memilih smartphone ataupun ponsel low end. Namun tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan ponsel kelas midle end.

2. Harga Pasar

Setelah mendapatkan ponsel yang anda incar, carilah harga pasar yang beredar saat ini untuk harga bekasnya. Biasanya anda bisa mencarinya di tabloid ponsel ataupun melalui website. Anda juga bisa mencarinya dengan survei dari beberapa toko yang menyediakan ponsel bekas yang anda incar. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan harga yang pas buat anda.

3. Garansi

yang tidak kalah pentingnya adalah masalah garansi. Jika anda membeli ponsel bekas yang masih baru, biasanya masih ada masa garansi. Cekjuga apakah garansi tersebut garansi resmi ataukah garansi toko. Jika garansi toko, biasanya yang bagus memiliki garansi minimal 3 bulan.

4. Kualitas Baterai

Baterai adalah salah satu komponen yang cukup berpengaruh. Perhatikan juga baterai ponsel yang ingin anda beli. Cara mengeceknya juga cukup mudah, perhatikan permukaan baterai. Jika sedikit lengkung, berarti baterai tersebut sudah usang dan perlu diganti. Ada juga cara lain dengan menggunakan ponsel tersebut memainkan lagu. Jika 2-5 menit ponsel tersebut terdapat notifikasi baterai lemah, maka baterai tersebut soak.

5. Layar

Walaupun terlihat sepele, namun hal in ijuga harus diperhatikan. Pasalnya layar LCD merupakan salah satu komponen yang cukup mahal. Untuk mengeceknya anda bisa melihatnya dari sisi yang berbeda. Misalnya dari sisi kanan, kiri, bawah, atau atas. Jika warna LCD agak gelap atau permukaan LCD bercak hitam tidak merata, berarti kualitas LCD tersebut kurang bagus.

6. Body Ponsel

Satu lagi yang cukup penting untuk diperhatikan adalah body ponsel yang masih halus. Jika ponsel terlihat baret, berarti ponsel tersebut kurang perawatan, dan bisa jadi sedikit cacat.

7. Paket Penjualan

Paket penjualan merupakan salah satu hal yang penting. Saat anda membeli, apakah paket penjualan sudah ada aksesoris, dus ponsel, dan lainnya. Jika terdapat dus ponsel, perhatikan juga IMEI yang tertera pada ponsel dan cocokkan. Hal ini untuk menghindari ponsel tersebut hasil curian atau tidak.

Semoga Pembahasan  7 Tips Jitu Sebelum Membeli Handphone Bekas Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga