6 Tips Jitu Cara Memperbaiki Handphone Terkena Air

Sep 13 2014 - 3:00pm admin indonews

6 Tips Jitu Cara Memperbaiki Handphone Terkena Air – Handphone adalah salah satu barang yang cukup berharga bagi setiap penggunanya. Pasalnya terkadang banyak data penting didalam ponsel. Terkadang beberapa pengguna merasa sedikit frustasi disaat ponselnya rusak ataupun tidak bisa digunakan.

Salah satu penyebab rusaknya ponsel adalah terkena air atau kemasukan air. Hal tersebut terjadi mungkin karena tidak sengaja terjatuh ke air ataupun basah karena hujan. Tentunya bagi ponsel yang termasuk barang elektronik, sangat rentan jika terkena air. Oleh karena itu, kita harus memberikan pertolongan pertama pada ponsel jika hal tersebut terjadi pada ponsel kita. Tips berikut mungkin berguna bagi anda saat handphone kemasukan air.

Handphone Kemasukan Air

1. Keluarkan Ponsel Dari Air

Tentunya hal yang pertama adalah segera keluarkan ponsel anda dari dalam air untuk menghindari komponen dalam kemasukan air. Biasanya ponsel biasa hanya bertahan beberapa detik didalam air, karena casing ponsel biasanya cukup rapat untuk kemasukan air.

2. Copot Baterai

Tips kedua adalah putuskan sumber daya yang mengalir pada ponsel. Tentunya dalam kasus ini adalah baterai ponsel. Hal tersebut untuk menghindari sirkuit ponsel yang terkena arus pendek karena air.

3. Keluarkan SIM Card

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah copot SIM card yang menancap pada ponsel anda. Ini menghindari kerusakan SIM card yang terkena air. Tentunya anda tidak inginkan, phonebook ataupun SMS anda lenyap begitu saja?

4. Keringkan Semua Komponen

Setelah semua dicopot, maka keringkan semuanya satu persatu. Anda bisa menggunakan tisu untuk menyerap air, ataupun pengering rambut untuk mengeringkan ponsel. Namun perlu diingat, jangan terlalu lama menggunakan pengering rambut hingga ponsel panas, Karena hal tersebut dapat menyebabkan ponsel meledak dalam beberapa kasus.

5. Tes Ponsel

Setelah ponsel anda benar-benar kering, tentunya hal berikutnya adalah tes ponsel anda. Jika ponsel anda masih lembab, saya sarankan untuk tidak mencobanya terlebih dahulu, keringkan ponsel hingga benar-benar kering. Jika pada saat percobaan ponsel anda menyala dengan sempurna, berarti anda masih beruntung. Jika ponsel anda sedikit ngadat, coba dengan baterai ponsel lain.

6. Percayakan Teknisi

Hal yang terakhir jika ponsel anda tidak menyala sama sekali, hal yang harus anda lakukan adalah mempercayakannya pada teknisi. Namun perlu diingat, pilih teknisi ponsel yang memang benar-benar berpengalaman dan juga anda percayai.

 

Baca Juga >>> 7 Tips Jitu Sebelum Membeli Handphone Bekas

 

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga